Rabu, 27 Oktober 2010

Toyota Etios Dalam Pertimbangan ke Indonesia

toyota etios 1 Toyota Etios Dalam Pertimbangan ke IndonesiaJAKARTA (DP) — Toyota Etios tengah dipertimbangkan Toyota Astra Motor (TAM) untuk dipasarkan di Indonesia. “Toyota Etios masuk dalam daftar studi Toyota Indonesia,” kata Widyawati, General Manager Marketing Planning & Customer Relation TAM.
Menurut perempuan ramah ini pihaknya mendalami Etios setidaknya setahun setelah dirilis di India. “Kami akan pantau setidaknya setahun setelah dirilis. Selain itu TAM juga akan mempelajari kebutuhan pasar di sini.” Etios sendiri baru akan diproduksi di India pada akhir 2010.
Etios adalah produk yang didesain khusus pasar India. Etios muncul sebagai konsep di Delhi Auto Expo 2010 lalu, dan menawarkan bentuk hatchback dan sedan. Etios sedan dibekali mesin 1,5 liter dan Etios hatchback 1,2 liter. Kedua mesin diklaim Toyota sebagai mesin baru.
Toyota sangat serius mengembangkan Etios hingga mengerahkan 2.000 engineer untuk mengembangkan Etios selama empat tahun. Bahkan Yoshinori Noritake, chief engineer Etios ditugaskan berkunjung ke banyak kota dan rumah di India untuk mendengarkan dan mempelajari secara langsung permintaan konsumen.
Etios ditujukan untuk pengguna keluarga. Harganya akan dibuat sedemikian rupa agar cocok dengan kantong keluarga-keluarga India. Nah, agar harganya terjangkau dan laris manis Toyota punya resep mujarab dengan menggunakan semua parts (komponen) dari India. Sehingga target penjualan 70.000 Etios per tahun tampaknya bukan mimpi.
Etios diambil dari lima huruf yang memiliki arti penting. ‘E’ untuk economical/irit, ‘t’ berarti technology/teknologi, ‘i’ untuk desain inovatif, ‘o’ dicomot dari outstanding (luar biasa) durabilitas, efisiensi dan nyamannya, serta ‘s’ dari kata safety (keselamatan).
Spekulasi Etios akan masuk di Indonesia meluncur karena adanya rencana ekspor dari Toyota Kirloskar Motor India. Di samping itu sumber kami juga mengatakan sejumlah pejabat TAM berkunjungan ke pabrik Toyota di India beberapa waktu lalu.
Jika kita melanjutkan spekulasi, bisa jadi Etios akan dipasarkan di bawah atau pengganti Vios. [dp/Ind]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar