Selasa, 26 Oktober 2010

Jarang Sarapan, Rentan Sakit Jantung


Kompas.com - Boleh dibilang sarapan merupakan makan yang paling penting dalam sehari. Kebiasaan beraktivitas dengan perut kosong bisa menyebabkan obesitas karena kita akan makan terlalu banyak di siang harinya.

Seperti diketahui orang yang obesitas pada umumnya memiliki timbunan lemak yang banyak di bawah perutnya serta kadar kolesterol yang tinggi. Semua ini merupakan faktor risiko penyakit jantung. Melewatkan sarapan juga bisa meningkatkan kadar insulin dalam darah, dalam jangka panjang hal ini bisa mengundang penyakit diabetes.

Penelitian yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition, menunjukkan orang yang terbiasa sarapan sejak kecil hingga dewasa, risikonya untuk terkena penyakit jantung lebih rendah dibanding mereka yang malas sarapan.

Para ahli menduga, malas sarapan merupakan tanda gaya hidup yang buruk. Orang yang jarang sarapan biasanya lebih suka mengudap makanan kecil yang manis serta kurang asupan serat, vitamin dan mineral. Malas sarapan juga memengaruhi cara tubuh menyimpan timbunan lemaknya.

Penulis: AN   |  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar