Selasa, 05 Juli 2011

Lebih Baik Ge-er Daripada Pesimistis



Konon sifat ge-er (menilai diri sendiri lebih hebat daripada yang sebenarnya) dan rasa optimistis yang berlebihan masih lebih baik bagi kesehatan jiwa dan ketenangan batin dibandingkan dengan rasa tidak percaya diri. Orang yang meragukan kemampuannya umumnya merasa tertekan.
Rasa optimistis akan berakibat positif. "Soalnya, rasa itu akan mendorong seseorang untuk melakukan tindakan," kata Christopher Peterson, dokter psikologi pada University of Michigan.
Inilah cara untuk berpikir optimistis:
  • Carilah teman-teman yang berpikir optimistis. Orang suka saling mempengaruhi. Orang pesimistis melemahkan Anda, sedangkan orang yang optimistis akan memberi ilham pada Anda.
  • Ciptakanlah sukses bagi diri Anda sendiri. Mulailah dengan menentukan sasaran-sasaran kecil yang Anda yakin bisa Anda lakukan dengan berhasil, lalu bertindaklah untuk mencapainya. Kemudian nikmatilah kesuksesan Anda.
  • Ubah atau tinggalkan situasi yang Anda rasa tidak menunjang usaha Anda untuk maju.
  • Untuk menghadapi lingkungan yang tidak dikenal, Anda bisa menyiapkan diri dengan memusatkan kekuatan-kekuatan Anda, mengantisipasi masalah dan mencari jalan keluar jauh sebelumnya. Tanyakanlah pada diri sendiri, hal terburuk apa yang akan terjadi. Setelah itu sadarilah bahwa Anda akan bisa menanggulanginya.
  • Batasi persepsi Anda tentang kegagalan. Jika tidak berhasil dalam suatu bidang, itu bukan berarti Anda manusia yang gagal. Kalau Anda tidak bisa memasak, tetapi pandai dalam hal lain, janganlah menjadi koki, tapi jadilah akuntan, misalnya.
  • Hindari pikiran yang bukan-bukan. Apakah benar semua yang Anda kerjakan gagal? Belajarlah untuk melihat segi positif dari situasi buruk. Apakah ada segi yang baik dari situasi tersebut? Paling tidak, adakah pengalaman yang bisa diambil jadi pelajaran dari kegagalan tersebut?
  • Jika Anda kecewa pada sesuatu, jangan hanya menerimanya saja. Berusahalah untuk mengubahnya.
  • Berpikirlah yang baik-baik tentang diri Anda dan perlakukan diri Anda dengan baik pula.
Optimislah untuk berjalan menuju masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar