Rabu, 03 November 2010

Pilih-Pilih Camilan Sehat & Tak Bikin Gemuk

Detail Berita
Pilih camilan sehat (Foto: Google)
SAAT perut kosong, wanita sering memilih camilan daripada makanan padat. Namun nyatanya, tidak semua camilan baik untuk tubuh. Lantas, bagaimana memilih camilan yang sehat dan tidak bikin gemuk?

Menurut Associate Manager Nutrifood Research Center Agustino Romulo, memilih jenis camilan yang tepat sangat penting untuk membantu menjaga berat badan ideal karena berhubungan dengan asupan kalori dan nutrisi sehari-hari.

Berikut tip memilih camilan yang sehat dan tidak bikin gemuk:

1. Membicarakan snack sehat tentu tidak boleh melupakan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral, namun rendah kandungan kalorinya. Hindarilah camilan yang tinggi kalori, namun rendah kandungan nutrisinya, seperti minuman bersoda, keripik kentang, dan junkfood.

2. Pilihlah camilan dengan porsi dan kalori terkontrol, seperti controlled calorie cookies. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kalori dari camilan akan lebih rendah pada mereka yang disajikan camilan dengan porsi dan kalori terkontrol.

3. Camilan yang tinggi kandungan seratnya juga merupakan pilihan yang tepat karena serat dapat membantu meningkatkan rasa kenyang. Tipnya, pilihlah cookies dengan kalori terkontrol yang diperkaya dengan serat.

4. Komposisi nutrisi dari camilan juga penting untuk diperhatikan. Protein pada makanan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang. Cobalah camilan yang tinggi protein dan rendah lemak, seperti amino bar.

5. Susu rendah lemak, keju rendah lemak, serta sayuran hijau memiliki kandungan kalsium, dan vitamin yang tinggi. Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tulang, kasium dan vitamin D, juga terbukti dapat membantu penurunan berat badan.

6. Camilan yang tinggi vitamin B6 dan asam amino tryptophan, seperti susu rendah lemak dan yogurt rendah lemak, juga dapat Anda jadikan pilihan. Kedua zat nutrisi tersebut dapat membantu sintesis hormon serotonin yang dapat membantu menurunkan nafsu makan yang berlebih.

7. Anda dapat mencoba mengunyah permen karet saat merasa ingin mengemil. Dengan mengunyah permen karet, rasa lapar dan keinginan Anda untuk mengemil secara berlebihan dapat teralihkan.
(tty) Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar