Kamis, 23 Juni 2011

ia mengira itu cuma lelucon

Di Penjara Selandia Baru, Rokok Napi Diganti Wortel

Buah wortel
Ada berita yang menggembirakan dari negeri seberang nih…seperti yang diberitakan oleh kantor berita Antara, tahanan di Selandia Baru dilaporkan ditawarkan wortel untuk membantu mereka mengatasi kecanduan nikotin, saat penjara di seluruh negeri itu menyiapkan langkah bebas rokok bulan depan.
Satu memo internal yang bocor dari Invercargill Prison menyatakan tahanan dipasok dengan dua batang wortel sehari dalam upaya membuat mereka berhenti merokok, sebelum larangan total diberlakukan pada 1 Juli, demikian laporan Southland Times, sebagaimana dikutip AFP.
Memo tersebut menyatakan satu batang wortel yang berukuran jumbo dapat menghasilkan 16 batang wortel jika dipotong seukuran rokok, kata surat kabar itu, Selasa.
Presiden Asosiasi Sipir Penjara Selandia Baru Beven Hanlon mengatakan ketika ia pertama mendengar tentang rancangan tersebut, ia mengira itu cuma lelucon. “Saya tak mengira itu adalah gagasan terbaik tapi itu layak dicoba,” kata Hanlon kepada Sotuhland Times.
Hanlon mengatakan potongan wortel tersebut dimaksudkan untuk mengalihkan perhatian tahanan dari rokok dan itu adalah pilihan yang lebih sehat dibandingkan dengan gagasan lain, seperti permen.
“Itu semua berkaitan dengan mulut … jika ada sesuatu untuk dikunyah, maka mereka takkan mencari rokok untuk diselipkan ke mulut mereka,” katanya.
Nah ini baru berita namanya….^_^
Semoga bisa ditiru di negara- negara lainnya. Berharap tidak cuman di penjara tapi juga di semua tempat dan ruang agar bumi ini terbebas dari radikal bebas dan asap beracun. Dan tambah sehat dengan sayuran wortel tentunya…:-)
Sumber berita: Republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar